Jumat, 27 Juli 2012

Arsitektur Metafora (Metaphor Architecture)


Metafora merupakan bagian dari gaya bahasa yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu melalui persamaan dan perbandingan.
Proses Metafora dalam Arsitektur
Metafora berasal dari bahasa latin, yaitu "Methapherein" yang terdiri dari 2 buah kata yaitu "metha" yang berarti: setelah, melewati dan "pherein" yang berarti: membawa.

Secara etimologis diartikan sebagai pemakaian kata-kata bukan arti sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan dan perbandingan.


Pada awal tahun 1970-an muncul ide untuk mengkaitkan arsitektur dengan bahasa, menurut Charles Jenks dalam bukunya "The Language of Post Modern" dimana Arsitektur dikaitkan dengan gaya bahasa, antara lain dengan cara metafora.


Pengertian Metafora dalam Arsitektur adalah kiasan atau ungkapan bentuk, diwujudkan dalam bangunan dengan harapan akan menimbulkan tanggapan dari orang yang menikmati atau memakai karyanya.


Arsitektur yang Berdasarkan Prinsip-prinsip Metafora

  1. Mencoba atau berusaha memindahkan keterangan dari suatu subjek ke subjek lain.
  2. Mencoba atau berusaha untuk melihat suatu subjek seakan-akan sesuatu hal yang lain.
  3. Mengganti fokus penelitian atau penyelidikan area konsentrasi atau penyelidikan lainnya (dengan harapan jika dibandingkan atau melebihi perluasan kita dapat menjelaskan subjek yang sedang dipikirkan dengan cara baru).
Kegunaan Penerapan Metafora dalam Arsitektur


Sebagai salah satu cara atau metode sebagai perwujudan kreativitas Arsitektural, yakni sebagai berikut :
  1. Memungkinkan untuk melihat suatu karya Arsitektural dari sudut pandang yang lain.
  2. Mempengaruhi untuk timbulnya berbagai interprestasi pengamat.
  3. Mempengaruhi pengertian terhadap sesuatu hal yang kemudian dianggap menjadi hal yang tidak dapat dimengerti ataupun belum sama sekali ada pengertiannya
  4. Dapat menghasilkan Arsitektur yang lebih ekspresif.

Kategori Metafora dalam Arsitektur
  1. Intangible methaphors, (metafora yang tidak dapat diraba) metafora yang berangkat dari suatu konsep, ide, hakikat manusia dan nilai-nilai seperti : individualisme, naturalisme, komunikasi, tradisi dan budaya.
  2. Tangible methaphors (metafora yang nyata), Metafora yang berangkat dari hal-hal visual serta spesifikasi / karakter tertentu dari sebuah benda seperti sebuah rumah adalah puri atau istana, maka wujud rumah menyerupai istana.
  3. Combined methaphors (metafora kombinasi), merupakan penggabungan kategori 1 dan kategori 2 dengan membandingkan suatu objek visual dengan yang lain dimana mempunyai persamaan nilai konsep dengan objek visualnya. Dapat dipakai sebagai acuan kreativitas perancangan.
(Sumber: Setiawan, Agus. Herbal Plant Research Center in Karangpandan:Sebagai Tempat Wisata Edukasi Herbal. FT Arsitektur UMS. 2011)

100 out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

28 Jul, 2012


-
Source: http://feedproxy.google.com/~r/personalblog89/~3/GMK0SgumOOw/arsitektur-metafora-metaphor.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar